ANALISIS PERBANDINGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA

Rambe, Khoirunnisa and Sinaga, Syahril (2019) ANALISIS PERBANDINGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 22.pdf]
Preview
Text
ATP 22.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview

Abstract

Kepribadian merupakan sifat hakiki individu yang tercermin pada sikap peserta didik. Keunikan tersebut tergantung pada tipe kepribadian yang dimiliki.Tipe kepribadian tersebut mempengaruhi sikap dalam menyesuaikan diri dan bersosialisasi dengan lingkungan, termasuk dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan hasil belajar siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert.Variabel dalam penelitian ini adalah tipe kepribadian dan tes hasil belajar
ekonomi siswa yang telah dilakukan uji instrumen sebelumnya.Tipe kepribadian dilakukan dengan
penyebaran angket berskala likert, sedangkan teshasil belajar menggunakan pilihan berganda.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan statistik parametrik denganindependent sample t-test menggunakan aplikasi SPSS versi 20.Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert pada taraf alpha 5 %. Dalam hal ini kelompok siswa tipe ekstrovert memiliki
rata-rata hasil belajar sebesar 83,14dan siswa kelompok tipe introvert dengan rata-rata hasil belajar sebesar 82,11.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Introvert; Ekstrovet; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Mar 2020 06:56
Last Modified: 04 Mar 2020 06:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38728

Actions (login required)

View Item
View Item