PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA N 7 MEDAN T.A. 2017/2018

Armiza, Rika (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA N 7 MEDAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7131141102 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7131141102 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7131141102 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7131141102 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (748kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7131141102 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7131141102 PREFACE.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7131141102 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7131141102 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7131141102 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7131141102 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7131141102 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7131141102 TABLES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7131141102 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7131141102 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7131141102 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7131141102 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7131141102 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7131141102 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7131141102 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7131141102 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7131141102 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7131141102 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation yang lebih tinggi daripada hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional siswa kelas X SMA N 7 Medan T.A 2017/2018. Penelitian dilakukan di SMA N 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 7 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 158 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling yaitu kelas X MIPA 3 (32orang) dan X MIPA 4 (32 orang). Jadi total sampel adalah 64 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dengan total pertanyaan 20 pertanyaan. Teknik analisis digunakan untuk menentukan mean, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data, hasil rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah 56,625 dan 76,4062. Sedangkan hasil rata-rata pre test dan post test kelas kontrol 48,125 dan 61,5625. Hasil uji hipotesis dari post test adalah thitung 3,3538 dan ttabel 1,67. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel (3,3538 >1,67). Dan dari kriteria uji hipotesis jika thitung > ttabel artinya hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembeljaran Group Investigation secara signifikan lebih tinggi daripada hasil pembelajaran ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMA N 7 Medan T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 139
Keywords: HASIL BELAJAR, GROUP INVESTIGATION, METODE KONVENSIONAL
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 10:04
Last Modified: 20 Feb 2020 05:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37796

Actions (login required)

View Item
View Item