PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAWATAN WAJAH SECARA MANUAL PADA SISWA KELAS X TATAKECANTIKAN RAMBUT SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG

Ginting, Sri Ulina (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAWATAN WAJAH SECARA MANUAL PADA SISWA KELAS X TATAKECANTIKAN RAMBUT SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 5123144035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 5123144035 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. 5123144035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 5123144035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 3. 5123144035 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 5123144035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 4. 5123144035 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 5123144035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5. 5123144035 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 5123144035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. 5123144035 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. 5123144035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 7. 5123144035 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. 5123144035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 8. 5123144035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 5123144035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9. 5123144035 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 5123144035 BAB I.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 13. 5123144035 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 5123144035 BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. 5123144035 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 5123144035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teknik dan prosedur perawatan wajah secara manual dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) siswa kelas X SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan merupakan model Pembelajaran kooperatif tipe GI (Group investigation). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa diperoleh dari tiap akhir siklus. Sedangkan aktifitas siswa diperoleh dengan metode observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Nilai rata rata yang diperoleh siswa pada tahap pra siklus adalah 54,59 dimana tidak ada siswa yang tuntas secara individu dan secara klasikal. Rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 73,78 serta ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 56,67 %. Sedangkan keaktifan siswa sebesar 43,17 berada dalam kategori cukup. Dilihat dari indikator keberhasilan, siklus I belum berhasil dan perlu perbaikan pada siklus II. Rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 83,41 dengan ketuntasan klasikal 90,00%. Sedangkan aktivitas siswa sebesar 77,92 berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 RIAS 062
Keywords: Model Pembelajaran GI ; Penelitian Tindakan Kelas ; Perawatan Wajah Secara Manual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:53
Last Modified: 25 Feb 2020 03:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37707

Actions (login required)

View Item
View Item