IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SIKAP PEDULI SOSIAL PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMA KARTIKA XIX-12 BANDUNG)

Hutabarat, Putra Kaslin and Sumantri, Endang (2019) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SIKAP PEDULI SOSIAL PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMA KARTIKA XIX-12 BANDUNG). PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA”, 1. pp. 151-170. ISSN 978-623-92463-0-3

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1ZMI_eDXTvpn6Etj4...

Abstract

Persoalan karakter menjadi hal yang fundamental untuk diselesaikan oleh bangsa ini. Kasus penyimpangan sosial juga semakin marak terjadi di kalangan remaja. Masalah tawuran, narkoba, radikalisme dan rasisme muncul ke permukaan sosial. Sekolah tidak menjadi solusi tunggal dalam menyelesaikan persoalan ini. Penelitian ini fokus pada implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis masyarakat dalam peningkatan kesadaran peduli sosial peserta didik di SMA Kartika XIX-2 Bandung. Lingkungan masyarakat sangat penting untuk membantu berlangsungnya proses pembiasaan karakter sesuai dengan nilai-nilai luhur yang tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif untuk menggali secara mendalam proses dan implementasi PPK yang dilakukan sekolah dengan masyarakat. Adapun Informan dalam penelitian ini dilakukan dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) oleh Ibu Dra. Diah Novianti dan Ketua Osis SMA Kartika XIX-12 Bandung. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian dan pembuatan kesimpulan penelitian. Dari hasil penelitian dapat diamati dan diketahui bahwa sekolah SMA Kartika XIX- 12 Bandung melibatkan masyarakat dalam proses penguatan pendidikan karakter. Kerjasama sekolah dengan pihak masyarakat sangat membantu tercapainya aktualisasi pendidikan karakter melalui kegiatan religius, bela negara dan griya estetika. Selayaknya proses penguatan pendidikan karakter tidak hanya terbatas kepada pemberian pengetahuan, tapi sebagai aktualisasi karakter peduli sosial di lingkungan masyarakat.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
EditorWahyudi, Arief198206062006041002
EditorNababan, Ramsul197111022002121002
EditorRachman, Fazli199409082019031008
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37509

Actions (login required)

View Item View Item