MEREFLEKSI KONSEP DASAR PENDIDIKAN MORAL DI INDONESIA

Rahim, Abdul (2019) MEREFLEKSI KONSEP DASAR PENDIDIKAN MORAL DI INDONESIA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA”, 1. pp. 39-42. ISSN 978-623-92463-0-3

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/open?id=1ZMI_eDXTvpn6Etj4...

Abstract

Formalisme pendidikan di Indonesia saat ini diasumsikan pada dua metode yaitu metode langsung dan tidak langsung. Metode langsung dimulai dengan menentukan perilaku yang dinilai baik, dengan cara indoktrinasi konsep moral. Strategi ini memusatkan perhatian secara langsung pada pembelajaran, melalui diskusi, ilustrasi, menghafal dan mengucapkan. Metode kedua adalah metode tidak langsung yang dimulai dengan menentukan perilaku yang diinginkan, tetapi dengan menciptakan situasi yang memungkinkan perilaku yang baik dapat dipraktikkan. Keseluruhan pengalaman pembelajaran di sekolah maupun lingkungan digunakan untuk mengembangkan konsep moral yang baik. Konsep pembelajaran di Indonesia ternyata didominasi oleh pembelajaran langsung, sehingga proses indoktrinasi menjadi salah satu ciri pembelajaran moral. Kecenderungan indoktrinasi ini menjadikan kegalauan bahwa indoktrinasi hanya akan menghasilkan dua kemungkinan. Pertama nilai-nilai yang diindoktrinasikan diserap bahkan dihafal luar kepala, tetapi tidak terinternalisasi. Kedua, nilai-nilai tersebut diterapkan dalam kehidupan, tetapi karena adanya pengawasan bukan karena kesadaran sendiri. Indoktrinasi dalam proses pembelajaran akan menghasilkan peserta didik yang mengerti akan moral, tetapi tidak dapat mengimplementasikan dalam kehidupan. Hal inilah yang memberikan dasar asumsi mengapa peserta didik kadang melakukan pelanggaran moral, padahal peserta didik memahami akan arti moral.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
EditorWahyudi, Arief198206062006041002
EditorNababan, Ramsul197111022002121002
EditorRachman, Fazli199409082019031008
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 30 Jan 2020 03:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37491

Actions (login required)

View Item View Item