PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF- EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU NURUL ‘AZIZI TAHUN AJARAN 2017/ 2018

Ramadhani, Sri (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF- EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU NURUL ‘AZIZI TAHUN AJARAN 2017/ 2018. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156172038 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156172038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156172038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156172038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156172038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156172038 TABLES.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156172038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156172038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156172038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156172038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156172038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 3) keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 4) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 5) peningkatan self-efficacy dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 6) mengidentifikasi proses jawaban siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, buku petunjuk guru, dan buku siswa.Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Four-D dengan 4 tahap yaitu: define, design, develop dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B di SMP Islam Terpadu Nurul „Azizi Medan. Dari hasil ujicoba I dan ujicoba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, baik dalam validitas isi maupun validitas konstruk. 2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, 3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi criteria efektif, 4) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 5) terdapat peningkatan self-efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 6) proses jawaban pada ujicoba II lebih banyak memperoleh kriteria penilaian “baik”. Proses jawaban siswa pada ujicoba II lebih terstruktur, sistematis, serta sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Thesis advisorFauzi, M.Amin196406291993031001
Call Number: 510.711 Ram p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran berbasis masalah, Model Four-D Thiagarajan, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 10:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37285

Actions (login required)

View Item View Item