PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF- EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU NURUL ‘AZIZI TAHUN AJARAN 2017/ 2018

Ramadhani, Sri (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF- EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP ISLAM TERPADU NURUL ‘AZIZI TAHUN AJARAN 2017/ 2018. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156172038 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156172038 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156172038 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156172038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156172038 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156172038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156172038 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156172038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156172038 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156172038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156172038 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156172038 TABLES.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 7.  NIM. 8156172038 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156172038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156172038 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156172038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156172038 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156172038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156172038 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156172038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156172038 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156172038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas perangkat pembelajaran
berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 2) kepraktisan
perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang
dikembangkan, 3) keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran
berbasis masalah yang dikembangkan, 4) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa
dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis
masalah yang dikembangkan, 5) peningkatan self-efficacy dengan menggunakan perangkat
pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan, 6)
mengidentifikasi proses jawaban siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis
masalah yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
(research and development), produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran,
lembar aktivitas siswa, buku petunjuk guru, dan buku siswa.Pengembangan perangkat
pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah dikembangkan dengan
menggunakan model pengembangan Four-D dengan 4 tahap yaitu: define, design, develop dan
disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B di SMP Islam
Terpadu Nurul „Azizi Medan. Dari hasil ujicoba I dan ujicoba II diperoleh: 1) perangkat
pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, baik dalam validitas isi maupun
validitas konstruk. 2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis,
3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi criteria efektif, 4) terdapat
peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran
yang dikembangkan, 5) terdapat peningkatan self-efficacy siswa menggunakan perangkat
pembelajaran yang dikembangkan, 6) proses jawaban pada ujicoba II lebih banyak memperoleh
kriteria penilaian “baik”. Proses jawaban siswa pada ujicoba II lebih terstruktur, sistematis,
serta sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.711 Ram p
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran berbasis masalah, Model Four-D Thiagarajan, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Dec 2019 10:10
Last Modified: 03 Dec 2019 10:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37285

Actions (login required)

View Item
View Item