Handayani, Mega Furi (2019) EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEMESTER I SMAN 1 BINJAI T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 4152121027 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 4152121027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3.NIM. 4152121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 4152121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 4152121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 4152121027 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4152121027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4152121027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4152121027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM. 4152121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 4152121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efek Pembelajaran problem based learning berbantuan edmodo terhadap kemandirian belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Binjai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemandirian belajar fisika bagi siswa SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimen dengan desain penelitian Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Binjai terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 180 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh rata-rata pretes 59,16 dengan standar deviasi 5,25 dan nilai rata-rata postes 78,69 dengan standar deviasi 6,76. Pada uji t pretes diperoleh nilai pretes thitung < ttabel yaitu 0,798 < 2,032 maka H0 diterima maka kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol. Kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata Pretes 58,13 dan standard deviasi 5,67 sedangkan rata-rata Postes 71,69 dengan standard deviasi 6,76. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji thitung adalah 5,131 sedangkan ttabel adalah 2,032 5,131>2,032. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada efek model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo terhadap Kemandirian belajar siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Binjai T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 298 |
Keywords: | PROBLEM BASED LEARNING, EDMODO, KEMANDIRIAN BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:31 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37131 |