Sitanggang, Putri Nanda (2019) Pengembangan Modul Biologi Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas Xi Mia Sma Swasta Tunas Pelita Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4151141043 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 4151141043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
3. NIM 4251141043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 4151141043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM 4151141043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 4151141043 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM 4151141043 TABLES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM 4151141043 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM 4151141043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
13. NIM 4151141043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
14.NIM 4151141043 BIBLYOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul biologi dengan pendekatan saintifik pada materi sistem pencernaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan produk 4-D. Model ini meliputi 4 tahap, yaitu: (1) define; (2) design; (3) develop; (4) disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan (develop), yaitu hanya sampai tahap uji kelayakan produk. Penelitian ini dimulai sejak bulan Mei- Oktober 2019 di SMA Swasta Tunas Pelita Binjai. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang dosen sebagai validator, 4 guru biologi serta 26 orang siswa kelas XI MIA SMA Swasta Tunas Pelita Binjai, objek penelitian berupa modul biologi dengan pendekatan saintifik yang telah dikembangkan. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain grafis, guru, dan siswa. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata penilaian kelayakan oleh ahli materi sebesar 3,3 dan 3,5 dengan kriteria “sangat layak”; ahli pembelajaran sebesar 3,7 dan 3,8 dengankriteria “sangat layak”; ahli desain grafis sebesar 4 dengan kriteria “sangat layak”; penilaian guru biologi sebesar 4 dengan kriteria “sangat layak”; uji coba kelompok terbatas sebesar dikategorikan “layak’. Dapat disimpulkan bahwa produk penelitian pengembangan modul biologi dengan pendekatan saintifik pada materi sistem pencernaan ini layak digunakan sebagai bahan ajar siswa kelas XI MIA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 302 |
Keywords: | pengembangan;modul;pendekatan saintifik' sistem pencernaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:30 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37112 |