PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

NASUTION, RISKIYA KHAIRANI (2019) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII-2 SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1152151012_COVER.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1152151012_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1152151012_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1152151012_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM. 1152151012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1152151012_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1152151012_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1152151012_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1152151012_BAB I.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1152151012_BAB V.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1152151012_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self-Management Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest-posttest one group. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII-2 SMP Negeri Medan T.A 2019/2020. Kemudian data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok teknik self-management terhadap minat belajar siswa. Maka dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) diperoleh nilai rata-rata 73, sedangkan skor akhir (post-test) diperoleh rata-rata 97,25. Maka selisih skor rata-rata kecemasan berbicara di depan umum sebesar 24,25 atau sebesar 33,21% artinya sebelum diberi layanan konseling kelompok teknik self-management skor rata-rata tinggi dan setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik self-management maka minat belajar pada siswa menjadi meningkat. Hal ini digambarkan dengan hasil uji wilcoxon yang dilakukan dengan perolehan J_hitung = 19, n = 8, α = 0,05, Jtabel = 4. Dari data tersebut diperoleh hasil bahwa J_hitung>J_tabel dimana 19 > 4 dengan demikian hipotesis diterima. Ini berarti hipotesis yang berbunyi pengaruh konseling kelompok teknik self-management terhadap minat belajar siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 35 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, NasrunNIDN0014055706
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 BK 065
Keywords: KONSELING KELOMPOK, SELF-MANAGEMENT, MINAT BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37004

Actions (login required)

View Item View Item