POLITIK PENCITRAAN PADA PEMILU PRESIDEN 2019 (STUDI CONTENT ANALYSIS DI MEDIA MASSA LOKAL HARIAN WASPADA DAN ANALISA)

USMAN, AISYAH (2019) POLITIK PENCITRAAN PADA PEMILU PRESIDEN 2019 (STUDI CONTENT ANALYSIS DI MEDIA MASSA LOKAL HARIAN WASPADA DAN ANALISA). Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3151111001 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3151111001 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3151111001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3151111001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3151111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3151111001 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3151111001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 3151111001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3151111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tentang kecenderungan pemberitaan oleh dua media yang mempunyai ideologi yang berbeda yaitu untuk mengetahui bagaimana pencitraan politik pada pemilihan Umum (Pemilu) Presiden yang dicitrakan oleh Harian Waspada dan Analisa. Oleh karena itu disini penulis ingin mengetahui dalam pemberitaan di media terkait praktek-praktek produksi pencitraan politik dengan mengunakan analisis citra pada pemberitaan kampanye pilpres dan mengidentifikasi perbedaanya oleh Harian Waspada dan Harian Analisa. Hasil pengumpulan berita terkait dengan Politik Pencitraan Pada Pilpres 2019 di Suratkabar Harian Analisa dan Harian Waspada dari tanggal 1-30 April 2019, dengan keseluruhan pada jumlah pemberitaan 81 item pada harian Analisa dan 76 item berita pada harian Waspada. Keberpihakan Surat Kabar yang diambil berdasarkan instrument penelitian berupa meng-coding (memuat item-item indikator) dari harian Analisa dan harian Waspada yang terdapat dalam berita, antara lain : “Keseimbangan” (Sumber Berimbang dan Sumber Tidak Berimbang)”, “Faktualitas (Pencampuran Fakta Opini dan Pemisahan Fakta Opini)”, “Aktualitas (Aktual dan Tidak Aktual)”, “Tema (Sosiologis dan Psikologis)”, “Netralitas (Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi)”, dan “Penempatan Halaman (Pertama dan Dalam)”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan cara mengumpulkan data secara langsung untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat. Sumber data yang digunakan berita harian Waspada dan harian Analisa, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara content analysis yaitu berbentuk paparan atau gambaran berupa data-data selanjutnya di analisis. Dalam menganalisis data yang terkumpul penulis menggunakan tabel frekuensi yaitu P x 100% Keterangan; P (presentase % atau jumlah), F (frekuensi berita kampanye politik), N (jumlah populasi berita).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMukmin, Budi Alinidn0017048202
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 PKN 151
Keywords: Pencitraan Politik; Media Massa; Content Analysis
Subjects: A General Works > AN Newspapers
J Political Science > JF Political institutions (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36849

Actions (login required)

View Item View Item