PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 5 MEDAN

QODRI, NURUL (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5153122007 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5153122007 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5153122007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5153122007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5153122007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5153122007 TABLES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5153122007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5153122007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 5153122007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5153122007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada siswa kelas XI teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 5 Medan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral dari Kemmis – Mc Taggart. Perencanaan penelitian dimulai dengan tahap rencana (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Negeri 5 Medan yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperolah hasil berupa ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 63,04% dengan persentase aktivitas siswa dengan kategori sangat aktif sebesar 4,3%, kategori aktif sebesar 65,3%, kategori kurang aktif sebesar 30,4% dan kategori tidak aktif sebesar 0%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai, sehingga penelitian di lanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil berupa ketuntasan belajar siswa secara klasikal siswa sebesar 82, 60% dengan persentase aktivitas siswa dengan kategori sangat aktif sebesar 56,5%, kategori aktif sebesar 43,5%, kategori kurang aktif sebesar 0% dan kategori tidak aktif sebesar 0%, sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 100%. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini telah berhasil dilaksanakan, sehingga penelitian tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya dikarenakan sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian ini yang menyatakan bahwa penelitian dianggap berhasil apabila aktivitas belajar siswa telah aktif dengan persentase sebesar ≥ 90% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai ≥ 80% dengan perolehan nilai ≥ 75 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Suhermannidn0001075505
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 OTM 053
Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36829

Actions (login required)

View Item View Item