PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 05 TAHUN AJARAN 2018/2019

S, HIDAYATUL MUNAWWARAH (2019) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 05 TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
01 NIM. 1153113010 HIDAYATUL MUNAWWARAH. S - COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 NIM. 1153113010 HIDAYATUL MUNAWWARAH. S - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 NIM. 1153113010 HIDAYATUL MUNAWWARAH. S - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 NIM. 1153113010 HIDAYATUL MUNAWWARAH. S - PREFACE.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 NIM. 1153113010 HIDAYATUL MUNAWWARAH. S - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 NIM. 1153113010 HIDAYATUL MUNAWWARAH. S - TABLES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 NIM. 1153113010 HIDAYATUL MUNAWWARAH. S - APPENDICES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 NIM. 1153113010 HIDAYATUL MUNAWWARAH. S - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 NIM. 1153113010 HIDAYATUL MUNAWWARAH. S - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 1153113010 HIDAYATUL MUNAWWARAH. S - BIBLIOGAPHY.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan verbal linguistik anak dalam berkomuunikasi dengan orang lain, mengingat nama tokoh, menyimak, berbicara, dan menceritakan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Medan T.A.2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain post-test only control design. Populasinya adalah seluruh anak kelas B usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 05 Medan. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas yaitu B-4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 15 anak, dan kelas B-6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 15 anak. Pengambilan sampel dipilih secara acak (simple random sampling) berupa undian dengan membuat enam lembar potongan kertas yang dimasukkan ke dalam gelas lalu dikocok. Pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yaitu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dengan Uji Mann Whithney (U-Test), yang dilanjut dengan uji signifikasi pada 0,025. Hasil penelitian menunjukkan dengan perlakuan yang berbeda diperoleh skor kecerdasan verbal linguistik anak kelas eksperimen sebesar 4,8 sedangkan skor yang diperoleh di kelas kontrol sebesar 2,7. Hal ini terlihat bahwa nilai ∝/2 = 0,05/2 = 0, 025, n1 = 15, n2 = 15 sehingga diperoleh hasil Zhitung = - 4,64 dan Ztabel = 1,96 dengan nilaiZhitung >Ztabel maka ada perbedaan yang signifikan antara kecerdasan verbal linguistik anak usia 5-6 tahun dikelas eksperimen dengan menggunkan mediaa audio visual dan kelas kontrol menggunakan media audio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Jaspernidn0015105701
Thesis advisor, Kamtininidn0001127007
Call Number: SK-2019 PAUD 075
Keywords: kecerdasan verbal linguistik; media audio visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36776

Actions (login required)

View Item View Item