PENGARUH MODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN(TKR) MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF DI SMK NEGERI 2 BINJAI T.A 2018/2019

Situmorang, Wenri Fighter (2019) PENGARUH MODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN(TKR) MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF DI SMK NEGERI 2 BINJAI T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 5143122028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 5143122028 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5143122028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5143122028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5143122028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5143122028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5143122028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5143122028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 5143122028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 5143122028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 5143122028 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 5143122028 TABLES.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 5143122028 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 5143122028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 5143122028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 5143122028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 5143122028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 5143122028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5143122028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5143122028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran TDO dengan menggunakan Metode Problem Based Learning di kelas X TKR SMK Negeri 2 Binjai, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran TDO dengan menggunakan Metode Discovery Learning, (3) Menjelaskan perbedaan hasil belajar teknik dasar otomotif yang diajarkan dengan model pembelajaran model problem based learning dan discovery learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK Negeri 2 Binjai yang berjumlah 128 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 60 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar TDO. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji -t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar TDO kelas eksperimen (menggunakan Metode Problem Based Learning) diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,2 dan standar deviasi 6,488 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 70%. Sedangkan kelas kontrol (menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning) diperoleh nilai rata-rata 72,93 dan standar deviasi 6,617 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 56,67 %. Hasil uji-t diperoleh nilai t_hitung 6,46 > t_tabel 1,671 , maka dengan ini Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar TDO.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 OTM 034
Keywords: Hasil Belajar TDO,Problem Based Learning,Discovery Learning
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5601 Automotive transportation Including trucking, bus lines, and taxicab service
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 14 Nov 2019 11:29
Last Modified: 16 Dec 2019 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36638

Actions (login required)

View Item
View Item