PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-1 SMPN 3 SUMBUL

LUMBAN GAOL, IIN ELVIN (2019) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-1 SMPN 3 SUMBUL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4151111032 COVER. PDF.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4151111032 APPROVAL SHEET. PDF.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4151111032 ABSTRACT. PDF.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4151111032 PREFACE. PDF.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4151111032 TABLE OF CONTENT. PDF.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4151111032 TABLES. PDF.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4151111032 ILLUSTRATION. PDF.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4151111032 APPENDICES. PDF.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4151111032 CHAPTER I. PDF.pdf - Published Version

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4151111032 CHAPTER V. PDF.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4151111032 BIBLIOGRAPHY. PDF.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajran contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dikelas VIII-1 SMPN 3 Sumbul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 3 Sumbul T.A 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsepmatematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran CTL pada materi relasi dan fungsi. Instrumen yang dipakai tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa meningkat dari 67,08 di siklus I menjadi 78,75 di siklus II, dengan persentase secara klasikal 63% di siklus menjadi 86,65% di siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan pemahaman konsep matematis siswa dapat meningkat dengan menerapkan model pembelajaran CTL pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII-1 SMPN 3 Sumbul

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinambela, Pardomuan Nauli Josip MarioNIDN0011067803
Thesis advisor-, -UNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 MAT 167
Keywords: CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, PEMAHAMAN KONSEP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36552

Actions (login required)

View Item View Item