PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PRAKTEK PENGELASAN KELAS XI TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 2 DOLOK SANGGUL T.A 2018/2019

GULTOM, ANJU WINEDO (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PRAKTEK PENGELASAN KELAS XI TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 2 DOLOK SANGGUL T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 5153121001 COVER.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text
2. NIM. 5153121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (614kB)
[img] Text
3. NIM. 5153121001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text
4. NIM. 5153121001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (322kB)
[img] Text
5. NIM. 5153121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (225kB)
[img] Text
6. NIM. 5153121001 TABLES.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text
7. NIM. 5153121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text
8. NIM. 5153121001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text
9. NIM. 5153121001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (640kB)
[img] Text
13. NIM. 5153121001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (353kB)
[img] Text
14. NIM. 5153121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (319kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar praktek pengelasan siswa kelas XI yang rendah di SMK Negeri 2 Dolok Sanggul T.A 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning (PjBL) praktek pengelasan siswa kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Dolok Sanggul Tahun Ajaran 2018/2019. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Dolok Sanggul. Pada penelitian tindakan kelas (PTK) ini yang dilakukan dengan 2 siklus dengan 1 siklus terdiri dari 4 tahap antara lain, 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, 4) Refleksi. Adapun yang menjadi populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI teknik permesinan SMK Negeri 2 Dolok Sanggul berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran, lembar penilaian proyek dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan hasil yang meningkat pada persentase ketuntasan hasil belajar praktek pengelasan kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Dolok Sanggul setiap siklus. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 56,67 % dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sekolah 17 orang dengan rata-rata 70,67. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,67% dengan 26 siswa yang mencapai KKM sekolah dengan nilai rata-rata kelas 80,17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar praktek pengalasan materi pokok las busur manual sambungan pipa dengan pipa dengan penerapan model pembelajaran project based learning praktek pengelasan kelas XI Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Dolok Sanggul Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Benyaminnidn0015065405
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2019 MSN 084
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL), HASIL BELAJAR, PRAKTEK PENGELASAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Nov 2019 11:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36364

Actions (login required)

View Item View Item