PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI OPTIK GEOMETRI GUNA MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Khairani, Nur Aulia (2019) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI OPTIK GEOMETRI GUNA MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM 8176176012 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8176176012 Cover.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 2.  NIM 8176176012 Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8176176012 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8176176012 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8176176012 Abstrak.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8176176012 Lembar Persembahan.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8176176012 Lembar Persembahan.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176176012 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176176012 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176176012 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176176012 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176176012 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176176012 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176176012 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176176012 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8176176012 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8176176012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 8176176012 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 8176176012 BAB I.pdf - Published Version

Download (952kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8176176012 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8176176012 BAB V.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 8176176012 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
15. NIM 8176176012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media e-learning berbasis moodle
yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi optik geometri,
mengetahui pengaruh media e-learning dengan moodle terhadap hasil belajar, dan
mengetahui respon peserta didik terhadap media e-learning dengan moodle yang
dikembangkan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan S. Thiagarajan 4-D yang terdiri dari
empat tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop
(pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Media yang dikembangkan dinilai
kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, ahli teknologi, guru fisika, uji coba satu
lawan satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan, serta respon peserta didik.
Media e-learning berbasis moodle diterapkan pada kelas XII IPA 1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket, wawancara, observasi, pretest dan posttest. Data yang diperoleh
dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penilaian media yang dikembangkan menurut para ahli termasuk dalam
kategori Sangat Layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil belajar peserta
didik yang menggunakan media e-learning berbasis moodle lebih baik dibandingkan
dengan hasil belajar peserta didik tanpa menggunakan media e-learning berbasis
moodle. Respon peserta didik terhadap media e-learning berbasis moodle secara
keseluruhan termasuk dalam kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 535 Kha p
Keywords: Media E-learning Berbasis Moodle, Hasil Belajar, Respon Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:08
Last Modified: 24 Sep 2019 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36123

Actions (login required)

View Item
View Item