Herdyana, Thessa (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KARTU PINTAR PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD NEGERI 026609 BINJAI SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
|
Text
1. NIM. 8166182054 COVER.pdf - Published Version Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM. 8166182054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM. 8166182054 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM. 8166182054 PREFACE.pdf - Published Version Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM. 8166182054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM. 8166182054 LIST OF TABLES.pdf - Published Version Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
7. NIM. 8166182054 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
8. NIM. 8166182054 CHAPTER I.pdf - Published Version Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
12. NIM. 8166182054 CHAPTER V.pdf - Published Version Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
13. NIM. 8166182054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (228kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan validitas isi media pembelajaran berbasis kartu pintar pada tema indahnya kebersamaan. (2) Mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis kartu pintar pada tema indahnya kebersamaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau ( research and development ) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran berbasis kartu pintar yang dikembangkan. Pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE. Subjek nya 38 orang siswa kelas IV SD Negeri 026609 Kecamatan Binjai Selatan. Instrumen penelitian berupa angket penilaian untuk ahli materi, media, desain, guru, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kuantitatif dalam bentuk distrubusi skor skala penilaian. Hasil penelitian validitas isi oleh ahli materi mencapai perolehan skor 98, ahli desain memperoleh 92,30 dan ahli media memperoleh skor 92,72 dengan kategori sangat valid. Efektifitas meningkatkan hasil belajar siswa: Ketuntasan belajar kelompok kecil diperoleh persentase 90% dan angket respon siswa 76% dan pada kelompok besar hasil belajar diperoleh persentase sebesar 86% dan hasil angket respon siswa sebesar 86,23% . Selanjutnnya disarankan agar guru dapat menggunakan media berbasis kartu pintar sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | 372.71 Her p | |||||||||
Keywords: | Media Berbasis Kartu Pintar, Indahnya Kebersamaan, Hasil Belajar | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel |
|||||||||
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar | |||||||||
Depositing User: | Mr Maknun | |||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2019 05:03 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |