PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KARTU PINTAR PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD NEGERI 026609 BINJAI SELATAN

Herdyana, Thessa (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KARTU PINTAR PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD NEGERI 026609 BINJAI SELATAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8166182054 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8166182054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8166182054 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8166182054 PREFACE.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8166182054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8166182054 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8166182054 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8166182054 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8166182054 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8166182054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan validitas isi media pembelajaran berbasis kartu pintar pada tema indahnya kebersamaan. (2) Mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis kartu pintar pada tema indahnya kebersamaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau ( research and development ) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media pembelajaran berbasis kartu pintar yang dikembangkan. Pengembangan ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE. Subjek nya 38 orang siswa kelas IV SD Negeri 026609 Kecamatan Binjai Selatan. Instrumen penelitian berupa angket penilaian untuk ahli materi, media, desain, guru, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kuantitatif dalam bentuk distrubusi skor skala penilaian. Hasil penelitian validitas isi oleh ahli materi mencapai perolehan skor 98, ahli desain memperoleh 92,30 dan ahli media memperoleh skor 92,72 dengan kategori sangat valid. Efektifitas meningkatkan hasil belajar siswa: Ketuntasan belajar kelompok kecil diperoleh persentase 90% dan angket respon siswa 76% dan pada kelompok besar hasil belajar diperoleh persentase sebesar 86% dan hasil angket respon siswa sebesar 86,23% . Selanjutnnya disarankan agar guru dapat menggunakan media berbasis kartu pintar sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHidayat, 196208061990031002
Thesis advisorSyarofah, 195907031986012001
Call Number: 372.71 Her p
Keywords: Media Berbasis Kartu Pintar, Indahnya Kebersamaan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Sep 2019 05:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36085

Actions (login required)

View Item View Item