PENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEKS CERITA FABEL BERBANTUAN FILM ANAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TAMBUSAI UTARA ROKAN HULU RIAU

Parida, Fransiska (2019) PENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEKS CERITA FABEL BERBANTUAN FILM ANAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 TAMBUSAI UTARA ROKAN HULU RIAU. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176192012 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176192012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176192012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176192012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176192012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176192012 TABLES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176192012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176192012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176192012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176192012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176192012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbantuan film anak pada materi teks fabel untuk Kelas VII SMP Negeri 6 Tambusai Utara Rokan Hulu Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal, dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi materi termasuk kelayakan isi dengan rata-rata 87,5% dengan kategori sangat baik, kelayakan Penyajian dengan rata-rata 92,4% dengan kategori sangat baik, dan penilaian aspek bahasa dengan rata-rata 87,5% dengan kategori sangat baik. Uji coba produk dilakukan dalam tiga tahap: pengujian individual, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan terbatas. Uji coba individu dengan rata-rata 86,1% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,2% dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan ratarata 88,99% dengan kategori sangat baik. Efektivitas bahan ajar diperoleh melalui hasil belajar siswa pada pretest dan posttest. skor rata-rata pada pretest 63 dan pada posttest 78. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar teks fabel berbantuan film anak layak, mudah, dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Tambusai Utara Rokan Hulu Riau. Penelitian ini berimpilkasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu bahan ajar berbantuan film anak yang dikembangkan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, bahan ajar berupa modul ini dapat menjadi bahan ajar tambahan untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi teks fabel yang diajarkan, memperkaya dan menambah pengetahuan siswa tentang teks fabel dan film sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan memotivasi siswa, melatih siswa belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGafari, M.Oky Fardian197901152005011002
Thesis advisorSaragih, Amrin195501131982031002
Call Number: 899.222 Par p
Keywords: bahan ajar, teks fabel , berbantuan, film, pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4500 Essays (Literary history)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36063

Actions (login required)

View Item View Item