PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS LITERASI OLEH SISWA KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN

Baros, Wan Anisa Maulidya (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERBASIS LITERASI OLEH SISWA KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156192030 COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156192030 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156192030 ABSTRACT .pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156192030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156192030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156192030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156192030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156192030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156192030 BAB I.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156192030 BAB V.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156192030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview

Abstract

Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi itu rendah diketahui dari bahan ajar yang digunakan oleh guru dan siswa berdasarkan buku teks saja, buku tersebut merupakan satu-satunya sumber informasi untuk pembelajaran. Semua pembelajaran materi menulis dan catatan untuk siswa semuanya bersumber dari buku teks. Buku teks yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah belum mampu memenuhi kriteria tersebut. Isi buku paket bahasa Indonesia belum mendeskripsikan secara komprehensif isi silabus Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Borg & Gall (dalam Sugiyono 2015: 408) menyatakan bahwa penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk diperuntukan dalam pendidikan dan pembelajaran.Penelitian pengembangan menurut Sugiyono terdiri dari sepuluh langkah prosedur pengembangan, yang mencakup aspek (1) Potensi Masalah, (2) Desain Produk, (3) Validasi Desain, (4) Perbaikan Desain, (5) Uji Coba Produk, (6) Revisi Produk, (7) Uji Coba Pemakaian, (8) Revisi Produk, dan (9) Pembuatan Secara Massa. Rata-rata nilai siswa dalam tes menulis teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan bahan ajar yang dikembangkan sebesar 52,33 sedangkan perolehan rata-rata setelah menggunakan bahan ajar 75,56. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa dalam tes menulis teks laporan hasil observasi meningkat dengan selisih nilai 23,33 dan produk bahan ajar berbentuk modul berbasis literasi efektif digunakan sebagai bahan ajar pada materi menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810061985031001
Thesis advisorPramuniati, Isda196412071991032002
Call Number: 411 Bar p
Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Teks laporan Hasil Observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35975

Actions (login required)

View Item View Item