INTERFERENSI LEKSIKAL BAHASA TAMIANG DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA RAGAM TULIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP BAHASA SISWA KELAS V SD KEC. BENDAHARA KAB. ACEH TAMIANG

Putri, Irmayani (2019) INTERFERENSI LEKSIKAL BAHASA TAMIANG DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA RAGAM TULIS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP BAHASA SISWA KELAS V SD KEC. BENDAHARA KAB. ACEH TAMIANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156192009 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156192009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156192009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156192009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156192009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156192009 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156192009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156192009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156192009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156192009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mendeskripsikan bentuk interferensi leksikal pada bahasa Tamiang dalam pemakaian bahasa Indonesia ragam tulis siswa, (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interferensi bahasa Tamiang dalam pemakaian bahasa indonesia ragam tulis siswa, dan (3) Menjelaskan implikasi pembelajaran bahasa Indonesia terhadap sikap bahasa siswa kelas V SD. Metode penelitian adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa kelas V sekolah dasar di kec. Bendahara kab. Aceh Tamiang merupakan siswa yang dwibahasawan, (2) Terjadi intererensi leksikal makna konotasi dan denotasi, fonologi, morfologi pada karangan narasi siswa, dan (3) Terjadi interferensi morfologi berupa afiksasi me-, ter-, se-, dan nasalisali pada prefiks ber pada BMT, penggunaan reduplikasi akar kata dan reduplikasi akar kata sufiksasi-an. Serta terdapat morfem bebas dan terikat di dalamnya karangan narasi siswa. (4) Terdapat persamaan hiponim, hipernim, homofon, fonologi, morfologi pada bahasa Melayu dan bahasa Indonesia. Implikasi pembelajaran bahasa Indonesia terhadap sikap bahasa siswa kelas V SD memperoleh total keseluruhan indikator tersebut 56,5% dengan kriteria kurang. Jadi dapat disimpulkan sikap bahasa siswa kelas V sekolah dasar di Kecamatan Bendahara dalam kriteria kurang sehingga banyak terjadi interferensi bahasa Melayu Tamiang kedalam Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V SD kec. Bendahara belum mampu keluar sepenuhnya dari bahasa ibu (B1). Disar

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDaulay, Syahnan195808311986011002
Thesis advisorLubis, Malan196707181993101001
Call Number: 418.4 Put i
Keywords: Interferensi leksikal, Ragam Tulis, Sikap Bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P326 Lexicology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35974

Actions (login required)

View Item View Item