KUALITAS SOAL YANG DIBUAT GURU BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 27 MEDAN

Novita, Shara (2019) KUALITAS SOAL YANG DIBUAT GURU BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 27 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156192047 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156192047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156192047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156192047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156192047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156192047 TABLES.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156192047 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156192047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (833kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 8156192047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8156192047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah soal buatan guru di SMP Negeri 27 Medan diujikan tanpa diketahui kualitasnya secara pasti dan soal cenderung dibuat mudah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji kualitas soal pilihan berganda, (2) kualitas soal uraian, (3) ketepatan penggunaan kaidah bahasa Indonesia dalam soal, (4) pemetaan soal berdasarkan peringkat tingkat kesulitan soal dari perspektif HOTS (Higher Order Thinking Skills), (5) dan mendeskripsikan proses dan dampak evaluasi (penilaian) yang dilaksanakan di SMP Negeri 27 Medan. Penelitian ini bersifat ex post facto dengan subjek naskah soal ujian yang dibuat guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 27 Medan tahun ajaran 2016-2017 dan 2017-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas soal pilihan berganda masih dinyatakan dalam kategori kurang baik. (2) Pada soal uraian juga dinyatakan masih ditemukan soal yang tidak valid dan seluruh soal uraian dinyatakan tidak reliabel, (3) baik soal pilihan ganda maupun uraian ditemukan soal yang tidak efektif sebanyak 86 soal (44%) dan kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca memiliki angka tertinggi yaitu 156 soal (80%) tidak tepat, (4) soal yang diujikan lebih dominan pada tataran LOTS (Lower Order Thinking Skills) dibanding HOTS yakni dengan temuan 131 soal (67%) LOTS dan 64 soal (33%) HOTS. (5) Berdasarkan data yang diperoleh tentang proses dan dampak evaluasi (penilaian) yang dilaksanakan di SMP Negeri 27 Medan, ditemukan bahwa guru belum memahami secara mendalam tentang proses penyusunan soal khususnya penelaahan soal yang telah dibuat, sehingga soal yang digunakan dalam naskah ujian tersebut belum mampu mengukur keberhasilan belajar siswa secara tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Thesis advisorMarice, 196311201992032003
Call Number: 410.711 Nov k
Keywords: kualitas soal, dibuat guru, bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2019 01:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35973

Actions (login required)

View Item View Item