PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SUB MATERI EKOSISTEM DAUR BIOGEOKIMIA DI KELAS X

Syahfitri, Friska Damayanti (2019) PENGEMBANGAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SUB MATERI EKOSISTEM DAUR BIOGEOKIMIA DI KELAS X. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166174008 Cover.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166174008 Pengesahan.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166174008 Abstrak.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166174008 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166174008 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166174008 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166174008 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166174008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166174008 I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8166174008 V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166174008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) Tingkat kelayakan laboratorium virtual berbasis pemecahan masalah pada sub materi daur biogeokimia berdasarkan ahli materi, ahli desain media, dan ahli instruksional dan ahli teknologi virtual , 2) Tingkat kelayakan laboratorium virtual berbasis pemecahan masalah pada sub materi daur biogeokimia berdasarkan tanggapan siswa dan guru, 3) Peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan laboratorium virtual berbasis masalah pada sub materi daur biogeokimia di SMAN 1 Lubuk Pakam 4) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan laboratorium virtual berbasis masalah pada sub materi daur biogeokimia di SMAN 1 Lubuk Pakam. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli desain media, ahli desain instruksional dan ahli teknologi virtual didapatkan presentase nilai secara berturut-turut ialah sangat baik yaitu 95% 85,5%), 85%, 90,62%. Laboratorium virtual berbasis pemecahan masalah berdasarkan tanggapan oleh siswa pada uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan terbatas dinilai sangat baik dengan rata-rata skor secara berturut-turut 91%, 90,25%, 92%. Dan berdasarkan tanggapan oleh guru pada uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan terbatas juga dinilai sangat baik dengan skor rata-rata secara berturut-turut 79%, 92%, 91%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa laboratorium virtual terkategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Untuk mengetahui efektifitas laboratorium virtual dilakukan penelitian eksperimen semu di SMAN 1 Lubuk Pakam. Populasi yang digunakan ialah siswa kelas X IPA dan sampel terdiri atas 2 kelas yaitu kelas X MIPA 1 (Eksperimen) dan X MIPA 4 (Kontrol) yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Dari hasil penelitian, didapatkan nilai pada keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis secara berturut-turut yaitu thitung = (3,62) > ttabel = (1,67), thitung (2,69) > ttabel (1,67) masing-masing pada level signifikansi 0,05. Kesimpulan yang didapat ialah Ha1, Ha2 diterima dan H01, H02 ditolak, maka keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis pada kelas yang diajarkan menggunakan laboratorium virtual berbasis pemecahan masalah lebih baik secara signifikan dari pada kelas yang diajarkan tanpa laboratorium virtual (konvensional).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManurung, Binari196106261987101001
Thesis advisorSudibyo, Mufti196407101990031002
Call Number: 577 Sya p
Keywords: virtual, laboratorium virtual, keterampilan proses sains, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany > QK474 Spermatophyta. Phanerogams
Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Sep 2019 03:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35926

Actions (login required)

View Item View Item