PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Nurjannah, (2018) PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2018, Desember 2018, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
text.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan berbasis keunggulan lokal adalah usaha untuk mewujukan pembelajaran yang memanfaatkan keunggulan lokal dalam aspek ekonomi, budaya, teknologi informasi dan komunikasi, bahasa, ekologi, dan lain-lain yang semuanya bermanfaat bagi pengembangan potensi peserta didik. Aspek kearifan lokal perlu dimasukkan ke dalam dunia pendidikan agar siswa dan masyarakat dapat mengetahui potensi keunggulan daerah masing-masing, memahami aspek-aspek yang berhubungan, serta dapat menggali lebih lanjut potensi tersebut di masa mendatang untuk tetap bersaing secara global namun tidak melupakan nilai-nilai lokal yang menjadi ciri khas daerahnya dan bangsa Indonesia. Melalui pendidikan berbasis kearifan local karakter bangsa dan daerah dapat lebih kokoh sehingga menghasilkan generasi bangsa yang paham nilai-nilai lokal serta mampu menggali potensi daerahnya masing-masing. Penyelenggaraan pendidikan berbasis kearifan lokal dilakukan dengan mengintegrasikannya dalam mata pelajaran sekolah, menjadi mata pelajaran muatan lokal, maupun keterampilan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendidikan; Kearifan Lokal
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN406 Cultural traits, customs, and institutions
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451 Intellectual life
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Aug 2019 08:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35873

Actions (login required)

View Item View Item