KOMPETENSI PENULISAN KARYA ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA JURUSAN PPKn FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIMED TAHUN 2017

Siahaan, Parlaungan Gabriel and Perangin-angin, Reh Bungana Beru and Nababan, Ramsul (2018) KOMPETENSI PENULISAN KARYA ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEGIATAN ILMIAH MAHASISWA JURUSAN PPKn FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIMED TAHUN 2017. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2018, Desember 2018, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Karya tulis ilmiah merupakan suatu tulisan yang didalamnya berisikan suatu gagasan kreatif dengan disusun secara komprehensif yang didasarkan pada data-data yang akurat, dianalisis secara sistematis, tajam serta diakhiri dengan kesimpulan yang memiliki hubungan satu sama lain. Tujuan dalam penelitian yang akan dicapai adalah (1) tingkat kemampuan atau kompetensi mahasiswa jurusan PPKn dalam membuat atau menyusun suatu karya ilmiah dengan kaidahkaidah penulisan karya ilmiah, (2) tingkat kemampuan mahasiswa dalam melakukan pengutipan teoritis dari berbagai sumber bacaan atau referensi dengan jujur tanpa melakukan tindakan plagiarisme, (3) tingkat pemahaman mahasiswa dalam menganalisis suatu kajian teoritis maupun hasil penelitian yang dilakukan melalui tugas mini riset dan skripsi, (4) memberikan pelatihan kepada mahasiswa dalam menyusun atau membuat suatu karya ilmiah baik berupa tugas mini riset maupun penulisan skripsi dari hambatan atau kesulitan yang dihadapi. Penelitian mengenai “Kompetensi Penulisan Karya Ilmiah Dalam Meningkatkan Kualitas Kegiatan Ilmiah Mahasiswa Jurusan PPKn FIS Unimed Tahun 2017” merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan penyebaran angket atau kuesioner sebagai data primer, sehingga hasilnya dapat ditindaklanjuti untuk memberikan pelatihan terhadap mahasiswa dalam penyusunan proposal penelitian dengan baik. Kegiatan dalam penelitian dilaksanakan melalui 2 tahapan terdiri dari: (1) penyebaran angketa atau kuesioner kepada 26 orang mahasiswa di jurusan PPKn dan dianalisis hasil dari angket atau kuesioner yang sudah diberikan, dan (2) memberikan pelatihan penyusunan proposal penelitian bagi mahasiswa di jurusan PPKn yang terdiri dari 26 orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah belum memadai dengan baik. Diharapkan agar dilakukan pelatihan penulisan karya ilmiah sekaligus pengenalan tata cara penulisan karya ilmiah kepada mahasiswa jurusan PPKn Angkatan 2016.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Karya Ilmiah, Mahasiswa, Kompetensi Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Aug 2019 05:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35853

Actions (login required)

View Item View Item