PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL TUTORIAL MATERI RENANG GAYA BEBAS UNTUK SMA SEDERAJAT

Pane, Aan Deki Praja and Akhmad, Imran (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO-VISUAL TUTORIAL MATERI RENANG GAYA BEBAS UNTUK SMA SEDERAJAT. In: Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, SABTU, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[img]
Preview
Text
Aan Deki Prarja Pane, Syamsul Lubis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Jasmani merupakan suatu bahagian dari pendidikan secara keseluruhan dapat berperan penting dalam pencapaian tujuan pendidikan, media pembelajaran adalah sesuatu yang dapat menyalurkan pesan kepada peserta didik sehingga terciptanya proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menghasilkan media pembelajaran Audio-Visual Tutorial materi renang gaya bebas untuk SMA sederajat. (2) mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran audio-visual tutorial materi renang gaya bebas untuk SMA sederajat. penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi model yang sederhana yaitu: menentukan potensi dan masalah penelitian, mengumpulkan informasi, analisis kebutuhan, mendesain produk dan validasi desain, uji ahli media, uji ahli renang, uji ahli pembelajaran pendidikan jasmani, ujicoba kelompok kecil, merevisi hasil ujicoba, ujicoba kelompok besar, merevisi hasil ujicoba, produk akhir pengembangan. Produk akhir dari pengembangan media pembelajaran Audio-Visual Tutorial ini dilanjutkan pada uji efektifitas. Penelitian ini akan dilaksanakan di kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang Sumatra Utara.Sasaran dalam penelitian pengembangan media pembelajaran audio-visual Tutorial ini adalah seluruh Guru PJOK dan Siswa-iswi SMA sederajat. Dari hasil pembahasan diketahui bahwa media pembelajaran audio-visual tutorial sangat membantu guru dalam proses pembelajaran di SMA sederajat, dan media pembelajaran audio-visual sangat efektif untuk digunakan didalam pembelajaran pendidikan jasmani materi renang gaya bebas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pengembangan , Media Pembelajaran, Pendidikan Jasmani
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Unnamed user with email cutlidya@gmail.com
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35694

Actions (login required)

View Item View Item