UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENERAPKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP

Harahap, M. Saiful Ramadhan (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENERAPKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[img]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lokasi Penelitian berada di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Waktu penelitan ini akan dilaksanakan pada bulan Januari tahun ajaran 2014/2015. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu kelas VIII-3 yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil belajar siswa adanya peningkatan proses hasil belajar passing dalam permainan sepakbola “melalui variasi pembelajaran” pada siklus I, setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik passing dalam permainan sepakbola masih rendah nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 66. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 76. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan sepakbola pada siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hasil belajar, Sepak bola, PTK.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jul 2019 03:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35683

Actions (login required)

View Item View Item