UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM RITMIK DENGAN RANGKAIAN GERAK DASAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Undari, Siska Nova (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM RITMIK DENGAN RANGKAIAN GERAK DASAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL. In: Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, SABTU, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[img]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar senam ritmik dengan rangkaian gerak dasar menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 104255 .Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Yang terdiri dari 2 siklus. Dengan menggunakan Media Audio Visual, dan dengan Metode latihan yang dimana siswa lebih aktif dalam pelaksanaan senam ritmik. Subjek adalah siswa kelas V-A dengan jumlah siswa 36 orang. Instrumen penelitian alat pengumpul data yang digunakan dalam tes ini adalah penilaian hasil belajar gerak dasar senam ritmik, lembar penilaian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dengan rata-rata dan persentase. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 71,15%. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 80%. siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas yang diperoleh meningkat mencapai 81,83%. Dari penelitian diatas menunjukkan adanya peningkatan pada pembelajaran melalui media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Senam Ritmik dari 63,88% pada siklus I dan meningkat pada siklus II yaitu 83,33%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Rangkaian Gerak Dasar, Media Audio Visual
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV460 Gymnastics. Gymnastic exercises
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jul 2019 02:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35654

Actions (login required)

View Item View Item