EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KKNI PADA JURUSAN PJKR FIK UNIMED

Siregar, Muhammad Supriadi (2018) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KKNI PADA JURUSAN PJKR FIK UNIMED. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 8 September 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tingkat implementasi dari aspek
konteks, input, proses, dan produk dalam mendukung implementasi kurikulum berbasis KKNI
pada Jurusan PJKR FIK Unimed. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif, yang menunjukkan
prosedur dan proses pelaksanaan . Dalam penelitian ini dianalisis dari masing-masing faktor
sesuai dengan model CIPP (konteks, input, proses dan produk). Subjek penelitian ini adalah
jurusan, dosen dan mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner sebagai
instrumen utama dan wawancara sebagai pelengkap.Hasil penelitian menunjukkan,
(1)implementasi kurikulum berbasis KKNI baik sekali ditinjau dari aspek konteks,
(2) implementasi kurikulum berbasis KKNI baik sekali (90,15%) ditinjau dari aspek input,
(3) implementasi kurikulum berbasis KKNI baik sekali (88,69%) ditinjau dari aspek proses, dan
(4) implementasi kurikulum berbasis KKNI sudah berjalan dengan baik sekali (85,93%) ditinjau dari aspek produk.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa Jurusan PJKR FIK
Unimed sudah berjalan dengan baik sekali dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis
KKNI.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Implementasi KKNI,Model CIIP.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jul 2019 08:51
Last Modified: 23 Oct 2019 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35630

Actions (login required)

View Item
View Item