PENYEDIAAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM IPA TERPADU SMP BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER

Melisa, (2019) PENYEDIAAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM IPA TERPADU SMP BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156142027 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156142027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156142027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156142027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156142027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156142027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156142027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156142027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156142027 BAB I.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156142027 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156142027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum IPA Terpadu di SMP Al-Azhar masih menggunakan panduan praktikum bersifat konvensional berupa LKS, sehingga peserta didik selalu bertanya kepada guru dalam melaksanakan setiap prosedur praktikum. Hal ini yang menyebabkan minat dan keingintahuan siswa dalam menguasai konsep masih rendah, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar dan minimnya keterampilan peserta didik dalam kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh buku penuntun praktikum IPA Terpadu SMP berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-Azhar Medan. Instrumen yang digunakan adalah angket kelayakan berdasarkan BSNP, angket kelayakan berdasarkan kesesuaian dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, instrument tes kognitif, lembar observasi karakter, lembar observasi keterampilan dan angket motivasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji independent sample T-Test dengan SPSS 21 for windows pada signifikansi 0,05 dan thitung > ttabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: panduan praktikum LKS IPA Terpadu masih terdapat kekurangan sehingga perlu dilakukan pengembangan, buku penuntun praktikum yang telah dikembangkan pada pembelajaran IPA Terpadu kelas VII semester II telah layak berdasarkan BSNP dan telah sesuai dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi pendidikan karakter, keterampilan peserta didik dan karakter peserta didik lebih berkembang dibandingkan dengan peserta didik menggunakan panduan praktikum LKS praktikum LKS, motivasi belajar peserta didik lebih termotivasi dibandingkan dengan peserta didik menggunakan panduan praktikum LKS, hasil belajar peserta didik lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik menggunakan panduan praktikum LKS dan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan dengan peningkatan hasil belajar peserta didik. K

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006151987031002
Call Number: 542.1 Mel p
Keywords: penuntun praktikum, IPA Terpadu, inkuiri terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2019 10:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35576

Actions (login required)

View Item View Item