PERTUMBUHAN TANAMAN OKRA HIJAU (Abelmoschus esculentus l.) DI KP BALITSA, TONGKOH BERASTAGI

Simanjuntak, Ruth Dewi and Gultom, Tumiur (2018) PERTUMBUHAN TANAMAN OKRA HIJAU (Abelmoschus esculentus l.) DI KP BALITSA, TONGKOH BERASTAGI. In: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 12 Oktober 2018, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview
[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tanaman okra hijau (Abelmoschus esculentus L.) merupakan tanaman sayuran yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Di Indonesia tanaman ini tergolong langka, hanya di beberapa tempat dapat dijumpai karena tanaman ini hanya sebagai tanaman yang tumpang sari. Okra dapat tumbuh baik di daerah dataran rendah (0 mdpl) hingga 800 mdpl. Bila ditanam pada ketinggian kurang dari 600 meter, umur tanaman okra lebih pendek, sedangkan jika ditanam di dataran tinggi umur okra mencapai 4 – 6 bulan. Lahan yang paling disukai okra adalah dataran rendah di bawah 800 mdpl dengan usia bisa mencapai 4 bulan. Okra telah dikenal sebagai tanaman multiguna karena
hampir semua bagian tanaman dapat dimanfaatkan, mulai dari batang, daun, buah. Tanaman ini kaya akan kandungan karbohidrat, protein dan juga vitamin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pertumbuhan tanaman Okra introduksi Jepang yang di tanam di dataran tinggi.
Penelitian ini dilakukan di Balitsa KP Berastagi di Desa Tongkoh Kecamatan Berastagi dengan ketinggian tempat 1340 mdpl. Parameter pengamatan ini adalah tinggi tanaman, luas daun, jumlah daun, jumlah kuncup bunga, serta warna daun, warna batang, warna kuncup bunga dan warna bunga dengan menggunakan Colour Chart. Hasil percobaan menunjukkan bahwa bibit Okra hijau introduksi Jepang yang di tanam di dataran tinggi mampu bertahan hidup dan bertumbuh dengan baik, dengan tinggi mencapai 21,5 cm, jumlah daun 6 helai, dan bunga sudah muncul pada usia 5 MST. Warna daun hijau kecoklatan sedang, warna batang dan kuncup bunga memiliki warna yang sama yaitu hijau kuning kuat, warna bunga hijau kuning muda.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Green Okra, Japan, Growing
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Jul 2019 04:03
Last Modified: 22 Feb 2021 07:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35527

Actions (login required)

View Item
View Item