MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 106811 BANDARA SETIA T.A 2017/2018

, ARMAWATI (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 106811 BANDARA SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1142111001_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1142111001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1142111001_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1142111001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1142111001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1142111001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1142111001_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1142111001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1142111001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1142111001_BAB I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1142111001_BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1142111001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V.A SDN 106811 Bandar Setia yang berjumlah 35 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan. Adapun alat pengumpulan data pada saat penelitian dilakukan yaitu menggunakan lembar observasi untuk guru, serta lembar angket minat belajar siswa yang dilaksanakan dua siklus. Hasil data yang diperoleh dari angket pada siklus I terdapat peningkatan untuk siswa yang tergolong termotivasi sebanyak 9 dengan persentase 25,71% dan siswa yang tergolong tidak termotivasi sebanyak 26 siswa dengan persentase 74,29% dan pada siklus II mengalami peningkatan untuk siswa yang tergolong termotivasi sebanyak 32 siswa dengan persentase 91,43% dan siswa yang tergolong tidak termotivasi sebanyak 3 siswa dengan persentase 8,57%. Lembar observasi motivasi belajar pada siklus I pertemuan I terdapat 7 siswa yang tergolong termotivasi 20% dan 28 siswa yang tergolong tidak termotivasi dengan persentase 80%, pada siklus I pertemuan II terdapat 20 siswa yang tergolong termotivasi dengan persentase 57,14% dan 15 siswa yang tergolong tidak termotivasi dengan persentase 42,86%. Pada siklus II pertemuan I mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya diperoleh data bahwa terdapat 29 siswa yang tergolong termotivasi dengan persentase 82,85% dan 6 siswa yang tergolong tidak termotivasi dengan persentase 17,15%, dan pada siklus II pertemuan II diperoleh data bahwa terdapat 33 siswa yang tergolong termotivasi dengan persentase 94,29% dan 2 orang siswa yang tergolong tidak termotivasi dengan persentase 5,71%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 106811 Bandar Setia T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGinting, Masta195505251981032001
Call Number: SK-2018 PGSD 406
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email cutlidya@gmail.com
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35087

Actions (login required)

View Item View Item