MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2017/2018

, WIRDAYANI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1142111011_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1142111011_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1142111011_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1142111011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1142111011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1142111011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1142111011_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1142111011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1142111011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1142111011_BAB I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1142111011_BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1142111011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan “Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Materi Pokok Proses Pembentukkan Tanah di Kelas IV SDN 101765 Bandar Setia T.A 2017/2018”. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-b SDN 101765 Bandar Setia tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 34 orang siswa yang terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes dan lembar observasi. Adapun penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret sampai mei 2018. Hasil penelitian diperoleh nilai ketuntasan klasikal dan nilai rata-rata siswa. Pada saat pretes dari 34 siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 9 orang siswa (sebesar 26,47%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 25 orang siswa (sebesar 73,53%) mendapat nilai belum tuntas dengan nilai rata-rata 53,67. Siklus I tingkat ketuntasan klasikal meningkat dari sebelumnya yaitu terdapat 20 orang siswa (58,82%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 14 orang siswa (sebesar 41,18%) mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata 66,76. Pada saat siklus II tingkat ketuntasan klasikal meningkat dari sebelumnya yaitu terdapat 29 orang siswa (85,29%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 5 orang siswa (14,71%) mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata 87,94%. Dapat dilihat bahwa dari data tersebut hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inside outside circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 101765 Bandar setia. Sehingga model pembelajaran inside outside circle dapat diterapkan oleh guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil tes belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGinting, Masta Ginting195505251981032001
Call Number: SK-2018 PGSD 407
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35086

Actions (login required)

View Item View Item