PENGARUH KEGIATAN BERMAIN AIR TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANANDA MEDAN T.A 2017/2018

ULFA, AGUSTIA (2018) PENGARUH KEGIATAN BERMAIN AIR TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANANDA MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 1143313002_COVER.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text
2. NIM. 1143313002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text
3. NIM. 1143313002_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text
4. NIM. 1143313002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text
5. NIM. 1143313002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text
6. NIM. 1143313002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text
7. NIM. 1143313002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
8. NIM. 1143313002_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
9. NIM. 1143313002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
10. NIM. 1143313002_BAB I.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text
14. NIM. 1143313002_BAB V.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text
15. NIM. 1143313002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak khususnya pada aspek menalar belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain air terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan T.A 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Experimen Design (penelitian eksperimen semu), dengan bentuk The Equivalen Time Samples Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di PAUD Ananda Medan yang berjumlah 27 anak, yang terdiri dari kelas B1 dengan jumlah 15 anak dan B2 dengan jumlah 12 anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas B1 berjumlah 15 anak. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi tersktruktur dengan instrument lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik deskriptif dan statistik inferensial, yaitu uji Tes Friedman. Hasil analisis data menunjukkan untuk observasi pertama yang diberikan perlakuan (XI) memperoleh nilai rata-rata 5,2, observasi kedua yang tidak diberi perlakuan (X0) memperoleh nilai rata-rata 3,4, observasi ketiga yang diberi perlakuan (XI) memperoleh nilai rata-rata 7,6 dan observasi keempat yang tidak diberi perlakuan (X0) memperoleh nilai rata-rata 6,2. Dari hasil data tersebut terlihat bahwa pada pemberian perlakuan pemainan air memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan tidak diberi perlakuan. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hitung > X2 tabel pada taraf signifikan 0,05 atau 5% yaitu 1517,92 > 7,82 maka nilai rata-rata (XI) signifikan. Dengan demikian penggunaan permainan air berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Medan T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, KAMTINInidn0001127007
Call Number: SK-2018 PAUD 051
Keywords: perkembangan kognitif; PAUD; motorik anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Apr 2019 10:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34927

Actions (login required)

View Item View Item