ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 SILAHISABUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

SIHOMBING, ELISABET (2018) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 1 SILAHISABUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 4142141004 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text
2. NIM 4142141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text
3. NIM 4142141004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
4. NIM 4142141004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text
5. NIM 4142141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text
6. NIM 4142141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
7. NIM 4142141004 TABLES.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text
8. NIM 4142141004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text
9. NIM 4142141004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (315kB)
[img] Text
13. NIM 4142141004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text
14. NIM 4142141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (211kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sebaran soal ujian Biologi berdasarkan ranah kognitif Taksonomi Bloom, kesesuaian soal dengan indikator serta kualitas butir soal berdasarkan analisis secara kuantitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif survey. Subjek penelitian ini adalah soal ujian akhir semester mata pelajaran Biologi beserta lembar jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) peta kognitif soal ujian akhir semester mata pelajaran Biologi di kelas XI SMA N 1 Silahisabungan tahun pelajaran 2016/2017 berdasarkan Taksonomi Bloom untuk semester ganjil terdiri dari (C1 26%,C2 20%, C3 18%,C4 20%,C5 16% dan C6 0%); dan semester genap (C1 48%, C2 16%, C3 16%, C4 14%, C5 6% dan C6 0%). (2) Berdasarkan kesesuaian pada indikator pada semester ganjil maupun semester genap secara keseluruhan (100%) soal yang diujikan sesuai dengan indikator. (3) Analisis secara kuantitatif pada semester ganjil untuk tingkat kesukaran, kategori mudah 4%, sedang 84% dan sukar 12%. Daya beda kategori jelek 72%, cukup 22%, baik 6%. Nilai reliabilitas termasuk dalam kategori sangat rendah dengan nilai 0,22. Sedangkan untuk validitas soal kategori valid 30% dan tidak valid 70%. Sedangkan untuk semester genap tingkat kesukaran kategori mudah 6%, sedang 78% dan sukar 16%, daya beda kategori jelek 72%, cukup 32% dan baik 2% Nilai reliabilitas adalah 0,19 tergolong dalam kategori sangat rendah. Sedangkan untuk validitas soal dengan kategori valid 22% dan tidak valid 78%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSidabutar, Hudsonnidn0025066011
Call Number: SK-2018 BIO 094
Keywords: ANALISIS BUTIR SOAL, TAKSONOMI BLOOM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Apr 2019 09:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34909

Actions (login required)

View Item View Item