PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM TERINTEGRASI BERPIKIR KRITIS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

AZ, Dira Fithria (2018) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM TERINTEGRASI BERPIKIR KRITIS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4143131009 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4143131009 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4143131009 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143131009 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4143131009 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4143131009 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4143131009 ABSTRAK_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4143131009 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4143131009 KATA PENGANTAR_docx.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4143131009 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4143131009 DAFTAR ISI_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4143131009 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4143131009 DAFTAR TABEL_docx.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4143131009 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4143131009 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4143131009 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4143131009 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4143131009 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4143131009 BAB I_docx.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4143131009 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4143131009 BAB V_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4143131009 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4143131009 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4143131009 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang ada di sekolah dan penuntun praktikum yang telah dikembangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA (Peminatan Matematika dan Ilmu Alam) SMAS Wahidin Sudirohusodo yang berjumlah 3 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol mendapat pembelajaran menggunakan penuntun yang ada di sekolah. Kelas eksperimen mendapat pembelajaran menggunakan penuntun yang telah dikembangkan. Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrumen tes daan instrumen non-tes. Instrumen tes berbentuk pilihan ganda berjumlah 16 soal yang valid dan reliabel dengan reliabilitas 0,855. Instrumen non-tes yang digunakan berbentuk lembar observasi yang telah divalidkan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol dan eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 untuk peningkatan hasil belajar siswa diperoleh thitung > ttabel, yakni 8,206 > 2,0021 berarti Ha diterima, yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan lebih tinggi daripada menggunakan penuntun praktikum yang ada di sekolah. Demikian juga untuk kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh 3,18 > 2,0021 berarti Ha diterima, yaitu kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan lebih tinggi daripada menggunakan penuntun praktikum yang ada di sekolah. Uji korelasi menunjukkan adanya korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar siswa yaitu rhitung > rtabel (0,685 > 0,361) dengan kontribusi aktivitas sebesar 47% pada kelas kontrol, untuk kelas eksperimen yaitu rhitung > rtabel (0,830 > 0,361) dengan kontribusi aktivitas sebesar 69%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 KIM 068
Keywords: Penuntun Praktikum, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:10
Last Modified: 02 Mar 2020 06:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34832

Actions (login required)

View Item
View Item