PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA SMK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ELEKTROKIMIA

Fatihah, Zia Alifahtul (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA SMK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI ELEKTROKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4143131037 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4143131037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4143131037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4143131037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4143131037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4143131037 TABLES.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4143131037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4143131037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4143131037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4143131037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar kimia SMK berbasis kontekstual pada materi elektrokimia dilakukan berdasarkan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil analisis terhadap bahan ajar yang ada menjadi kerangka acuan dalam mengembangkan bahan ajar. Bahan ajar Kimia SMK kelas X yang digunakan di sekolah masih memiliki banyak kekurangan dan belum memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) serta materi yang disampaikan kurang dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari–hari, akibatnya pengalaman belajar siswa menjadi lebih kecil dan siswa kurang termotivasi untuk belajar Kimia sehingga menyebabkan hasil belajar menjadi rendah. Bahan ajar Kimia SMK berbasis kontekstual hasil pengembangan yang telah divalidasi oleh validator ahli menunjukkan skor kelayakan isi, bahasa, penyajian, kegrafikaan dan kontekstual masing-masing sebesar 3,46; 3,59; 3,70; 3,83; dan 3,56 yang berarti bahan ajar tersebut telah memenuhi kriteria BSNP dan telah berbasis kontekstual. Hasil implementasi bahan ajar yang dilakukan terhadap siswa kelas X SMK Telkom Shandy Putra Medan menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar kimia SMK berbasis kontekstual sebesar 57,21% sedangkan pada siswa kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar kimia SMK pegangan siswa memiliki rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 47,26%. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji t pihak kanan terhadap data gain dengan uji prasyarat berupa uji normalitas gain dan homogenitas. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh thitung ttabel dimana thitung = 3,9054 dan ttabel = 1,9980, sehingga Ha diterima yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar Kimia SMK berbasis kontekstual lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan bahan ajar pegangan siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilaban, Saronom198011132008121003
Call Number: SK-2018 KIM 104
Keywords: ADDIE, BSNP, kontekstual, pengembangan bahan ajar, peningkatan hasil belajar, uji t pihak kanan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 10 Apr 2019 11:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34706

Actions (login required)

View Item View Item