SANGGAR LINGKARAN SEBAGAI PEMBENTUK NILAI BUDAYA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI DESA DENAI LAMA DUSUN II KABUPATEN DELI SERDANG

DAMANIK, MONALISA GRACE (2019) SANGGAR LINGKARAN SEBAGAI PEMBENTUK NILAI BUDAYA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI DESA DENAI LAMA DUSUN II KABUPATEN DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3143322020 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3143322020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3143322020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Other
5ERCB5~Q.PDF - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3143322020 TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7UMMFK~6.PDF - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Other
84UVBV~N.PDF - Published Version

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Other
1MDSCL~H.PDF - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Other
1C0Z7S~H.PDF - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai latar belakang terbentuknya Sanggar Lingkaran, usaha Sanggar Lingkaran dalam membentuk karakter peserta didiknya, dan perubahan yang dihasilkan Sanggar Lingkaran dengan mengajarkan anak didiknya untuk mempertahankan budaya menjadi sebuah karakter di Pantai Labu Kecamatan Deli Serdang. Proses penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara observasi partisipasi dengan turut mengamati aktivitas nyata dari proses belajar mengajar disanggar, wawancara mendalam terhadap relawan, anak didik, orangtua dan pemilik sanggar. Hasil dari penelitian diketahui bahwa Sanggar Lingkaran mengajarkan pendidikan berbasis dari nilai budaya agar anak-anak tidak malu dan melupakan kebudayaan seiring dengan kemajuan zaman. Usaha yang dilalukan sanggar lingkaran dengan mengajarkan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajarnya seperti melakukan pembelajaran dengan metode kerja kelompok, presentasi, observasi, camp leadership, pelatihan kerajinan tangan, parenting education dan pemberian bintang prestasi yang didapat dari penilaian sikap anak yang berani, bersifat kekeluargaan, menjaga kebersihan, memiliki sikap disiplin dan sportif, kreatif serta memiliki sikap best leader yang bertujuan untuk membentuk empat belas nilai karakter yang diinginkan Sanggar Lingkaran. Namun pada kenyataannya terdapat hambatan dari anak didik, orangtua, masyarakat dan sanggar itu sendiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah anak-anak didikan Sanggar Lingkaran mengalami perubahan-perubahan kehal yang lebih baik dengan menganut empat belas nilai karakter yang menjadi budaya di sanggar, mereka juga mendapatkan skill dibidang seni tari, teater dan kerajinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Ratih Baiduri195507071980031026
Call Number: SK-2019 ANTRO 020
Keywords: Pendidikan; Budaya; Pendidikan karakter; Nilai Karakter
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN357 Culture and cultural processes
H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Apr 2019 15:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34225

Actions (login required)

View Item View Item