PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMKS JAMBI MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Trisnawati, Ayu (2018) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X SMKS JAMBI MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7141141009 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7141141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7141141009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7141141009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7141141009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7141141009 TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7141141009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7141141009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7141141009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7141141009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7141141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas X SMKS JAMBI Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi kelas X SMKS JAMBI Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS JAMBI Medan, dengan populasi siswa kelas X SMKS JAMBI Medan sebanyak 2 kelas dengan jumlah 74 orang.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Issac dan Michael dengan teknik Proportional Sampling yaitu anggota populasi sebanyak 74 siswa dan dijadikan sebagai sampel 62 siswa, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel lingkungan sekolah berupa angket yang berjumlah 25 soal dan untuk angket motivasi belajar siswa berjumlah 30 soal. Validitas tes diuji dengan menggunakan product moment dengan hasil dari masing-masing variabel lingkungan sekolah 25 soal valid dan motivasi belajar siswa dinyatakan 25 soal valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas lingkungan sekolah adalah sebesar rhitung> rtabel (0,917>0,334) dan motivasi belajar siswa adalah sebesar Jika rhitung> rtabel (0,857>0,334). Dari hasil analisis diperoleh persamaan regresi linear berganda Y=10,130+ 0,407X1+0,466X2+e. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pada taraf signifikan alpha 5%, hasil yang diperoleh menunjukkan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dimana thitung> ttabel (4,355 > 1,671). Dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dimana thitung> ttabel (4,703 > 1,671). Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan variabel lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X SMKS JAMBI Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dengan nilai fhitung > ftabel (244,828 >3,17).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Call Number: SK-2018 EKO 086
Keywords: lingkungan sekolah, motivasi belajar, hasil belajar siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34116

Actions (login required)

View Item View Item