ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR POLA BUSANA PESTA ANAK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK SWASTA PENCAWAN MEDAN

SITEPU, YESSI RAMAYANTI (2018) ANALISIS KEMAMPUAN MENGGAMBAR POLA BUSANA PESTA ANAK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK SWASTA PENCAWAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5112143009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5112143009 COVER.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5112143009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5112143009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (625kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5112143009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5112143009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5112143009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5112143009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5112143009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5112143009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5112143009 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5112143009 TABLES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5112143009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5112143009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5112143009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5112143009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5112143009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5112143009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5112143009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5112143009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5112143009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5112143009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kemampuan Menggambar Pola Busana Pesta Anak Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yaitu sebanyak 38 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekniktotal sampling yaitu sebanyak 38 orang.
Data penelitian ini dijaring melalui melalui lembar pengamatan. Berdasarkan uji kesepakatan pengamat dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 4 : 165, diperoleh Ftabel = 2,424, sehingga diketahui Fo < Ft (0,548 < 2,424). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima orang observer (pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang Membuat Pola Busana Pesta Anak dapat digunakan untuk menjaring data penelitian
Dalam penelitian ini digunakan rumus Persentase. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa (1) Menentukan besar badan pola bagian depan tergolong kurang (70,59%), (2) Menentukan besar pinggang pola bagian depan tergolong kurang (82,35%), (3) Menentukan kupnat pola bagian depan tergolong kurang (73,53%), (4) Keluwesan garis pada pola bagian depan tergolong kurang (73,53%), (5) Menentukan panjang punggung pola bagian belakang tergolong kurang (79,41%), (6) Menentukan besar badan pola bagian belakang tergolong kurang (91,18%), (7) Menentukan besar pinggang pola bagian belakang tergolong kurang (67,65%), (8) Keluwesan garis pada pola bagian belakang tergolong kurang (58,82%) (9) Menentukan Kerung Lengan tergolong kurang (67,65%), (10) Menentukan keluwesan garis pada kerung lengan tergolong kurang (76,47%), (11) Ketepatan penggunaan tanda – tanda pola tergolong kurang (64,71%), (12) Pola Dasar Rok tergolong kurang (70,59%), (13) Hasil Kerja tergolong kurang (55,88%), dan (14) Rancangan harga dan bahan tergolong cukup (55,88%). Secara keseluruhan ditemukan bahwa persentase Kemampuan Menggambar Pola Busana Pesta Anak Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018 berada dalam kategori kurang yaitu sebesar 61,28%.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kemampuan Menggambar Pola Busana Pesta Anak Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018 yaitu sebanyak 38 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekniktotal sampling yaitu sebanyak 38 orang. Data penelitian ini dijaring melalui melalui lembar pengamatan. Berdasarkan uji kesepakatan pengamat dengan menggunakan ANAVA satu jalur dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 4 : 165, diperoleh Ftabel = 2,424, sehingga diketahui Fo < Ft (0,548 < 2,424). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima orang observer (pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang Membuat Pola Busana Pesta Anak dapat digunakan untuk menjaring data penelitian
Dalam penelitian ini digunakan rumus Persentase. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa (1) Menentukan besar badan pola bagian depan tergolong kurang (70,59%), (2) Menentukan besar pinggang pola bagian depan tergolong kurang (82,35%), (3) Menentukan kupnat pola bagian depan tergolong kurang (73,53%), (4) Keluwesan garis pada pola bagian depan tergolong kurang (73,53%), (5) Menentukan panjang punggung pola bagian belakang tergolong kurang (79,41%), (6) Menentukan besar badan pola bagian belakang tergolong kurang (91,18%), (7) Menentukan besar pinggang pola bagian belakang tergolong kurang (67,65%), (8) Keluwesan garis pada pola bagian belakang tergolong kurang (58,82%) (9) Menentukan Kerung Lengan tergolong kurang (67,65%), (10) Menentukan keluwesan garis pada kerung lengan tergolong kurang (76,47%), (11) Ketepatan penggunaan tanda – tanda pola tergolong kurang (64,71%), (12) Pola Dasar Rok tergolong kurang (70,59%), (13) Hasil Kerja tergolong kurang (55,88%), dan (14) Rancangan harga dan bahan tergolong cukup (55,88%). Secara keseluruhan ditemukan bahwa persentase Kemampuan Menggambar Pola Busana Pesta Anak Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Busana SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018 berada dalam kategori kurang yaitu sebesar 61,28%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BSN 033
Keywords: Kemampuan, Pola, Busana pesta
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT500 Costume. Dress. Fashion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 14:39
Last Modified: 18 Apr 2019 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34115

Actions (login required)

View Item
View Item