KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN BERDASARKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUNNYA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 20 MEDAN

Tanjung, Tia Wulandari (2018) KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN BERDASARKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUNNYA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 20 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2133311077 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2133311077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2133311077 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2133311077 PREFACE.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2133311077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2133311077 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2133311077 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2133311077 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2133311077 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2133311077 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menulis cerpen berdasarkan unsur-unsur pembangunnya siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak 45 teks cerpen siswa kelas XI. Berdasarkan tes menulis cerpen siswa, hasil menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen tergolong kurang pada tabel distribusi presentase dilihat dari 45 teks cerpen siswa yang dijadikan sumber data penelitian, hanya 1 (2%) siswa berada pada rentang 86-100 termasuk dalam kategori baik sekali, 2 (4%) siswa berada pada rentang 76-85 termasuk dalam kategori baik, 11 (24%) siswa berada pada rentang 56-75 termasuk dalam kategori cukup, dan 31 (70%) siswa berada dalam kategori kurang. Berdasarkan pengamatan ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen berdasarkan unsur-unsur pembangunnya dalam hal ini unsur intrinsik yaitu tema, latar, alur, penokohan, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat masih dibawah kategori baik atau kurang. Hal ini disebabkan karena kemampuan siswa dalam menulis teks cerpen masih tergolong kurang memahami unsur-unsur intrinsik pada teks cepen, sehingga pemahaman akan unsur-unsur intrinsik pada teks cepen yang baik dan benar masih rendah. Hal ini yang terjadi pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHutagalung, Trisnawati198702272014042002
Call Number: SK-2018 IND 124
Keywords: Menulis cerpen; SMA; Unsur pembangunan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 11:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33964

Actions (login required)

View Item View Item