PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA KELAS X AP SMK N 1 MEDAN T.P 2016/2017

Fatimah, Fetty (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA KELAS X AP SMK N 1 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7132141016 COVER.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7132141016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7132141016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7132141016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7132141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7132141016 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7132141016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7132141016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7132141016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7132141016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7132141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi bahasa indonesia. Penelitian ini Tujuan Untuk Mengetahui hasil belajar korespondensi bahasa indonesia yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dibanding hasil belajar korespondensi bahasa indonesia yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas X AP di SMK Negeri 1 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMK Negeri I Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 136 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen I (X AP 2) yang di ajar dengan model Inquiry berjumlah 30 orang dan eksperimen II (X AP 3) yang di ajar dengan model Problem Solving berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan model pembelajaran Inquiry = 38,83 dan 83,17 dan hasil rata - rata pre test dan post test model pembelajaran Problem Solving = 36,83 dan 78,17. Hipotesis penelitian ini diuji t dan diperoleh thitung sebesar 2,336 sedangakan ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata α = 0,05 yaitu thitung > ttabel maka hipotesis penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar korespondensi bahasa indonesia yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Inquiry lebih tinggi secara signitifikan dari pada hasil belajar korespondensi bahasa indonesia yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Solving pada siswa kelas X AP di SMK Negeri I Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMutmainnah, Sri196901161993032002
Call Number: SK-2018 ADP 037
Keywords: Model pembelajaran inquiry, problem solving, hasil belajar korespondensi bahasa indonesia
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 11:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33940

Actions (login required)

View Item View Item