PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN COOPERATIVE TIPE TAI

SITUMORANG, BONATUA (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN COOPERATIVE TIPE TAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133111009 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133111009 VALIDITY SHEET.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133111009 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133111009 FOREWORD.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133111009 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133111009 TABLE LIST.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133111009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133111009 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133111009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133111009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 41 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak. Terpilih kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 34 orang yang diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 34 orang yang diajar menggunakan Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk essay yaitu posttest sebanyak 3 soal yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas data. Dari analisis data yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 24,56 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 22,47. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil uji t sepihak dengan dk = 78 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 3,29 dan ttabel = 1,6699 sehingga thitung>ttabel yaitu 3,29>1,6699 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibanding dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada sub pokok bahasan Himpunan di kelas VII SMPN 41 Medan TA 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNapitupulu, Elvis196312251988031004
Call Number: SK-2018 MAT 149
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematika, Model problem based learning, Team assisted individualization
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 11:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33893

Actions (login required)

View Item View Item