HUBUNGAN LINGKUNGAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI SE-KOTA MADYA MEDAN T.A 2017/2018

ATHARIQ, RARA MAIZURA (2018) HUBUNGAN LINGKUNGAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI SE-KOTA MADYA MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5133311021 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5133311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5133311021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5133311021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5133311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5133311021 TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5133311021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5133311021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5133311021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5133311021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5133311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Adanya hubungan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK se-Kota Madya Medan. 2) Adanya hubungan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK se-Kota Madya Medan. 3) Adanya hubungan antara lingkungan dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran Gambar Teknik Dasar di SMK se-Kota Madya Medan. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, Reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan 1) Terdapata hubungan yang positif dan berarti antara lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Dasar Kelas X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilai rxly > rtabel = 0,2448 > 0,227 dengan harga thitung > ttabel = 2,2841 > 1,992. 2) Terhadap hubungan positif dan berarti antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Gambar Teknik Dasar siswa kelas X SMK Negeri se-Kota Madya Medan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan korelasi yang memberikan hasil nilay rx2y > rtabel = 0,2543 > 0,227 dengan harga thitung > ttabel = 2,3708 > 1,992. 3) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Lingkungan dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar siswa kelas X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan. Hal ini dibuktikan dari perhitungan korelasi yang memberikan hasil rx1x2y > rtabel = 0,8172 > 0,277 dan diperoleh determinasi R2 sebesar 39,03 yang berarti Lingkungan (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) dengan harga hitung fhitung = 41,30 > ftabel = 3,13. Dengan demikian Lingkungan dan Kemandirian Belajar mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTampubolon, Jintar19570201 198203 1 002
Call Number: SK-2018 BAN 048
Keywords: Lingkungan; Kemandirian Belajar ; Hasil Belajkar Gambar Teknik Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NA Architecture > NA4100 Special classes of buildings > NA4170 Classed by use > NA4171 Public buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 10:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33807

Actions (login required)

View Item View Item