INTERFERENSI BAHASA ALAS DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA LISAN PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) NEGERI JONGAR ACEH TENGGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

FITRI, LIZA (2018) INTERFERENSI BAHASA ALAS DALAM PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA LISAN PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) NEGERI JONGAR ACEH TENGGARA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2143311029 COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2143311029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2143311029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2143311029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2143311029 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2143311029 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2143311029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2143311029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2143311029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2143311029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk interferensi morfologi bahasa Alas dalam penggunaan bahasa Indonesia lisan siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Jongar Aceh Tenggara Tahun Pembelajaran 2018/2019 dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya interferensi morfologi bahasa Alas dalam penggunaan bahasa Indonesia lisan siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Jongar Aceh Tenggara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik. Adapun instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah tape recorder yang mampu merekam data-data yang berwujud suara, juga alat tulis untuk mencatat hal-hal yang penting yang tidak termasuk dalam rekaman. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-a Madrasah Tsanawiyah Negeri Jongar Aceh Tenggara. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Jongar Aceh Tenggara terdapat interferensi morfologi dari segi prefiks, Sufiks, reduplikasi serta pertukaran morfem. Dari segi prefiks, siswa banyak mengucapkan awalan ber-, menjadi te-, me-, Dari segi Sufiks siswa mengucapkan akhiran kah-, menjadi kin-, Terdapat perulangan seluruh bentuk kata dasar yang disebut dwilingga. Faktor penyebab terjadinya interferensi bahasa Alas dalam penggunaan bahasa Indonesia lisan siswa adalah terbawanya kebiasaan penutur menggunakan bahasa Ibu (pertama), lingkungan tempat tinggal, kebiasaan penutur menggunakan bahasa daerah dan ketidaktahuan penutur dampak dari penggunaan bahasa alas dengan bahasa indonesia secara bersamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAnsari, Khairil196309101988031002
Call Number: SK-2018 IND 145
Keywords: Interferensi, Morfologi, Bahasa Alas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 05 Apr 2019 11:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33711

Actions (login required)

View Item View Item