PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 105366 SEI NAGALAWAN SERDANG BEDAGAI

Siburian, Ester Novarida (2018) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS V SD NEGERI 105366 SEI NAGALAWAN SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156182016 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156182016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156182016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156182016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156182016 TABLE OF CONTEBNT.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156182016 TABLES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156182016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156182016 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156182016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156182016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156182016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Kemampuan Koneksi Matematis diperlukan untuk menerapkan pendidikan yang diperoleh siswa ke kehidupan sehari-hari. Namun Kemampuan Koneksi Matematis siswa kelas V SD Negeri 105366 Sei Nagalawan masih tergolong rendah dilihat dari kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan koneksi matematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis yang dibelajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dan Pembelajaran Konvensional; besar pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis siswa dan aktivitas siswa selama pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 105366 Sei Nagalawan yang berjumlah 55 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan awal matematika dan tes kemampuan koneksi matematis. Data dianalisis dengan Uji Analisis Regresi Sederhana. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; Pendekatan Matematika Realistik (PMR) memberikan pengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas V SD Negeri 105366 Sei Nagalawan karena ditemukan bahwa koefisien regresi bertanda positif, bahkan akan meningkatkan kemampuan koneksi matematis sebesar 0,955 dari sebelumnya. Besarnya persentase Pendekatan Matematika Realistik (PMR) memberikan pengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis sekitar 77-77,8%, sedangkan sisanya yaitu sekitar 22,2-23% kemungkinan dipengaruhi faktor selain Pendekatan Matematika Realistik (PMR) yakni faktor pengetahuan pra syarat, pengetahuan pada mata pelajaran lain, dan pengalaman di kehidupan sehari-hari; dan aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik, dan keberhasilan tindakan pada Aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik secara sebesar 91,17 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Thesis advisorNapitupulu, E.Elvis196312251988031004
Call Number: 372.3 Sib p
Keywords: Pendekatan Matematika Realistik, Pembelajaran Konvensional dan Kemampuan Koneksi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Mar 2019 03:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33626

Actions (login required)

View Item View Item