PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK IMPULS DAN MOMENTUM DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2016/2017

SIMANULLANG, HIRIM ULI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK IMPULS DAN MOMENTUM DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 4133121015 COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
01. NIM 4133121015 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 4133121015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. NIM 4133121015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 4133121015 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
03. NIM 4133121015 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 4133121015 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
04. NIM 4133121015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 4133121015 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
05. NIM 4133121015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 4133121015 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
06. NIM 4133121015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 4133121015 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07. NIM 4133121015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 4133121015 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
08. NIM 4133121015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 4133121015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
09. NIM 4133121015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 10.. NIM 4133121015 BAB I.pdf]
Preview
Text
10.. NIM 4133121015 BAB I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133121015 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133121015 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4133121015 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4133121015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana hasil belajar menggunakan model inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional , 2) mengetahui bagaimana sikap belajar menggunakan model inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional, 3) mengetahui bagaimana keterampilan belajar menggunakan model inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional, 4) mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model inkuiri terbimbing. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan model inkuiri terbimbing (X MIA-2) dan kelas yang lain sebagai kelas kontrol (X MIA- 3) diterapkan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest-posttest controlgroupdesign.
Hasil nilai pretes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 19,43 dengan standar deviasi 5,32 dan nilai pretes kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 19,33 dengan standar deviasi 5,6. Hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dua pihak , diperoleh hasil bahwa data nilai pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, homogen dan kemampuan awal kedua kelas sama. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 72,1 dengan standar deviasi 7,2 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postes kelas kontrol yaitu 67,47 dengan standar deviasi 6,5, hasil analisis uji t didapat thitung = 2,38 dan ttabel = 1,671 (thitung > ttabel), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi Impuls dan Momentum di kelas X SMA Negeri 4 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 071
Keywords: QUASI EXPERIMENT, MODEL PEMBELAJARAN, INKUIRI TERBIMBING, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 15:35
Last Modified: 28 Mar 2019 02:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33378

Actions (login required)

View Item
View Item