PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK MESIN SMK YPT PANGKALAN SUSU T.A 2017/2018

AMBARITA, SAHAT PARULIAN (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK MESIN PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK MESIN SMK YPT PANGKALAN SUSU T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 5113121038 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 5113121038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 5113121038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 5113121038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 5113121038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 5113121038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 5113121038 TABLES.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 5113121038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 5113121038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 5113121038 BIBLIOGRARAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Mesin SMK YPT Pangkalan Susu melalui penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, angket, dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan presentase yang dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X pada Mata Pelajaran menggambar Teknik mesin SMK YPT Pangkalan Susu Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan peningkatan skor Motivasi Belajar Menggambar Teknik Mesin berdasarkan pedoman observasi sebesar 9,8% dimana skor pada siklus I 75,39% meningkat menjadi 85,19% pada siklus II. Berdasarkan angket yang didistribusikan kepada siswa juga terjadi peningkatan sebesar 5,46%, skor pada siklus I sebesar 76,68% meningkat menjadi 82,41% pada siklus II. Dari data Prestasi Belajar Menggambar Teknik Mesin yang diperoleh, nilai ratarata posttest pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 1,5 dimana pada siklus I nilai rata-rata posttest siswa 7,2 meningkat menjadi 8,70 pada posttest siklus II serta naiknya persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dari 66,67% pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSIREGAR, RISKI ELPARI196804041997021001
Call Number: SK-2018 MSN 027
Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK MESIN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1125 Machine shops and machine shop practice
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 11:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33240

Actions (login required)

View Item View Item