PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI DENGAN MATERI PERUSAHAAN DAN BADAN USAHA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 MEDAN TA 2010/2011

Lingga, Dempo M. (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI DENGAN MATERI PERUSAHAAN DAN BADAN USAHA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 MEDAN TA 2010/2011. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1-0809825004 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-0809825004 Abstrak.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-0809825004 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-0809825004 Bab I.pdf - Published Version

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-0809825004 Bab V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-0809825004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD agar dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS ekonomi dengan materi Perusahaan dan Badan Usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru,(2) Peningkatan aktivitas siswa dan (3) Peningkatan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-III SMP Negeri 21 Medan yang berjumlah 40 orang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 22 siswa 1aki-laki. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dari penelitian ini diperoleh dari instrumen tes berupa soal-soal pretes dan soal ulangan akhir siklus I, siklus II, dan siklus III. Sementara itu, instrumen nontes berupa lembar observasi, wawancara dan angket. Analisis data tes dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif, sedangkan analisis data nontes menggunakan teknik kualitatif.Hasil analisis data penelitian metode pembelajaran koopreatif tipe STAD dari prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan Hasil belajar klasikal adalah, 47,5%, 60%, 75%, 90%, dengan kenaikan hasil belajar pada sik1us I, II, dan III adalah 5,5%, 12,62%, dan 14,87%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII-III SMP Negeri 21 Medan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan indikator ketercapaian prestasi belajar siswa 90% dari keseluruhan siswa serta keterlibatan seluruh siswa aktif selama proses pembelajaran berlangsung.Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dengan memberikan salah satu metode pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat diterapkan untuk proses pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Thesis advisorNUrhadi, Siman195501081980031007
Call Number: 373.236 Lin p
Keywords: IPS ekonomi; Pembelajaran; Kooperatif; Tipe STAD; Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item View Item