PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TITL PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK YAYASAN PENDIDIKAN TERPADU PANGKALAN BRANDAN T.P 2017/2018

AQSHO, FUAD (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TITL PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK YAYASAN PENDIDIKAN TERPADU PANGKALAN BRANDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5113131017 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113131017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5113131017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5113131017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5113131017 LIST OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5113131017 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5113131017 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5113131017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 5113131017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113131017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK YPT Pangkalan Berandan tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sample dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TITL 1 sebagai Kelas PBL dan kelas X TITL 2 sebagai Kelas Ekspositori, yang masing – masing kelas berjumlah 24 orang siswa . Test Ujian Instrument dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 33 butir. Hasil pengujian Pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata- rata diKelas PBL (12,29) dengan standar deviasi (4,05) dan skor rata -rata Kelas Ekspositori (12,12) dengan standar deviasi (3,65). Pada pengujian data Pretest diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi Normal dan Homogen, yang berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu Kelas PBL diajarkan dengan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dan Kelas Ekspositori diajarkan dengan pembelajaran menggunakan model Ekspositori. Setelah pembelajaran selesai diberikan Posttest, maka diperolah nilai Posttest dengan hasil rata – rata Kelas PBL ( 24,16) dengan standar deviasi (2,82) dan untuk Kelas Ekspositori (21,66) dengan standar deviasi (2,77). Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh t = 3,10 dan t=1,679 sehingga t > t Sehingga Ha diterima yaitu model pembelajaran Problem based learning memberikan hasil belajar pada pelajaran mata pelajaran Gambar Teknik lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran ekspositor terhadap siswa kelas X TITL SMK YPT Pangkalan Berandan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Nelson196005281986011002
Call Number: SK-2018 ELK 034
Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN, EKSPERIMEN POSTTEST DAN PRETEST
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 10:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33196

Actions (login required)

View Item View Item