STUDI EKSPERIMEN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BULUTANGKIS PADA MATERI SERVIS PENDEK BACKHAND PADA SISWA SMA SWASTA NURUL HASANAH TAHUN AJARAN 2017/2018

Pradipta, Dedy (2018) STUDI EKSPERIMEN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BULUTANGKIS PADA MATERI SERVIS PENDEK BACKHAND PADA SISWA SMA SWASTA NURUL HASANAH TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156117017 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156117017 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156117017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156117017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156117017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156117017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156117017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156117017 BAB I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156117017 BAB V.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156117017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan studi eksperimen tentang model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bulutangkis pada materi servis pendek backhand pada siswa sma swasta nurul hasanah tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA kelas XI. kemudian lokasi perlakuan bertempat di SMA Swasta Nurul Hasanah, Jl.Amal Bakti No.69 b,Pasar 7 Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, dengan jumlah sampel 48 siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sample treatment by level 2 x 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar portofolio untuk tes hasil belajar pukulan servis pendek backhand dan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa.Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji homogenitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran example non example dengan model pembelajaran picture and picture secara keseluruhan, karena F0 (A) = 4,08 > Ftab = 4,05 maka H0 ditolak, maka terdapat perbedaan hasil belajar bulutangkis pada materi servis pendek backhand antara siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran example non example dan siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran example non example dengan model pembelajaran picture and picture dimana harga hitung Fo interaksi = 1,27 dan F tabel = 4,05 terlihat bahwa fungsi Fo < Ft, sehingga ada alasan untuk menolak Ho. Kesimpulannya bahwa terdapat interaksi antara dua model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar bulutangkis pada materi servis pendek backhand. (3) Terdapat Perbedaan Antara Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Bulutangkis Pada Materi Servis Pendek Backhand pada kelompok siswa motivasi belajar tinggi. dimana model pembelajaran picture and picture ( X = 39,42 ) lebih rendah dari pada menggunakan model pembelajaran example non example ( X = 40,67) dalam hasil belajar bulutangkis pada materi servis pendek backhand. Dengan demikian bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran example non example lebih tinggi hasilnya dibandingkan dengan yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran picture and picture dalam hasil belajar bulutangkis pada materi servis pendek backhand telah teruji. (4) Terdapat Perbedaan Antara Model Pembelajaran Example Non Example Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Bulutangkis Pada Materi Servis Pendek Backhand pada kelompok siswa motivasi belajar rendah, dimana model pembelajaran example non example ( X = 32,67 ) lebih rendah dari pada siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture ( X = 35,08) dalam hasil belajar bulutangkis pada materi servis pendek backhand. Dengan demikian, bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar rendah pada kelompok yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran example non example lebih rendah hasilnya dibandingkan dengan kelompok yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran picture and picture dalam hasil belajar bulutangkis pada materi servis pendek backhand telah teruji.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNugraha, Tarsyad196504141990031001
Thesis advisorKasih, Indra197706232002121003
Call Number: 796.342 Pra s
Keywords: Model Pembelajaran, Motivasi , Hasil Belajar Bulutangkis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2019 06:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33181

Actions (login required)

View Item View Item